Lele Sangkuriang: Sang Potensial Ternak Lele

Lele SangkuriangLele Sangkuriang: Sang Potensial Ternak LeleLele jenis ini adalah keturunan lele dumbo yang didatangkan ke Indonesia pada tahun 1986 yang merupakan sang primadona konsumsi lele pada saat itu.

Lele Sangkuriang

Lele ini mempunyai nama yang unik. Sangkuriang, sang legenda cerita sunda yang mengisahkan perkawinan terlarang antara anak dan ibu kandungnya, yak ni si Sangkuriang sendiri dan Ibunya Dayang Sumbi.

Begitu juga dengan Lele Sangkuriang ini yang proses pembudidayaannya pun tercipta dari hal 'terlarang' antara induk betina dan induk jantan hasil.keturunannya sendiri.

Berdasarkan hasil pemantauan dilapangan, ditemukan indikasi bahwa ditingkat pembudidayaan ternyata telah terjadi penurunan kualitas Lele Dumbo, ini dibuktikan dari awal penebaran waktu lele dumbo masuk ke Indonesia berukuran 3-5cm untuk mencapai ukuran konsumsi dibutuhkan waktu 70 hari. Tapi setelah 15 tahun lebih lele dumbo menjadi pilihan peternak lele. Dibutuhkan waktu 30 hari lebih lama alias 100 hari.

Ini lah yang menjadi faktor utama, pemerintah melakukan pengembangan mutu lele dumbo dengan cara mengawinkan keturunan Induk jantan dengan Induk betinanya.

Dan hasilnya pun, mengalami perubahan kualitas yang semakin membaik pada ikan lele Dumbo yang sekarang di patenkan menjadi Lele Sangkuriang.

Lele sangkuriang ini sudah di keluarkan keputusannya oleh Mentari Kelautan dan Perikanan dengan memasukan Lele sangkuriang ini ke dalam salah satu Lele Bibit Unggul.

Komentar

Postingan Populer