Lele Dumbo: Primadona Lele 1986

lele dumbo
Lele Dumbo: Primadona Lele 1986Kesuksesan dan keberhasilan ternak lele sangat ditentukan oleh jenis dan kualitas benih lele. Ada beberapa jenis lele yang mempunyai kualitas potensial yang tinggi, diantaranya adalah Lele Dumbo. Dibutuhkan perawatan dan pengoptimalan agar Lele Dumbo ini bisa tumbuh besar dan berkualitas. Untuk itu kita harus lebih mengenal lebih dalam tentang jenis Lele Dumbo yang satu ini.


Lele Dumbo

Lele yang satu ini adalah lele yang mudah dikenali karena mempunyai ciri  ukuran tubuh yang lebih besar (gembrot). Dari situlah lele ini diberi julukan Dumbo (baca:Jumbo) yang berarti berukuran raksasa.

Pada saat pertama kali lele dumbo ini masuk ke indonesia 1986, tidak banyak peternak lele langsung membudidayakannya. Konon katanya, lele dumbo ini adalah hasil persilangan antara lele lokal dan lele afrika.

Soalnya, dulu lele dumbo di anggap mempunyai daging yang rapuh dan mudah hancur, sehingga tidak semantap lele daging lokal itu lah yang menyebabkan lele dumbo ini sulit diterima pasar.

Dan juga masalah teknologi, dulu pembudidayaan dan pembenihan lele ini hanya bisa dilakukan dengan kawin suntik. Sulit dilakukan untuk para peternak lele kecil.

Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, justru lele dumbo ini malah sangat mudah sekali dibudidayakan. Perkembangannya pesat sekali sampai keseluruh Indonesia.

Bukan hanya teknologi, tapi cara akal-akalan untuk memijah secara alami pun sudah ada dan berkembang.

Itu lah yang membuat citra Lele Dumbo sekarang sudah bagus dan mudah diterima masyarakat Indonesia.

Komentar

Postingan Populer